Sabtu, 17 September 2011

LANGSING DENGAN JATI BELANDA

  TANAMAN jati belanda layak dikoleksi sebagai tanaman berkasiat obat .
  selain dapat digunakan secara tunggal dapat juga dipadukan dengan bahan alami lain . salah satu khasiatnya, yaitu sebagai ramuan pelangsing .

  Sebagai ramuan pelangsing yakni menggunaka 7 lembar daun jati belanda segar.
setelah dicuci bersih ditambah sepotong rimpang bangle, temulawak atau kunir putih . direbus dengan satu setengah gelas air bersih sampai tersisa satu gelas . setelah dingin , disaring dan diminum ,. saat meramunya harus bersamaan dengan temulawak atau kunir putih guna mengurangi efek iritasi lambung.
  selama mengonsumsi ramuan ini , diusahakan tetap minum banyak air putih .
Adapun khasiatnya sebagai pereda diare , yakni daun jati belanda kering digiling untuk dijadikan serbuk .
  Setiap memanfaatkan cukup ambil 20 gram serbuk ini dan diseduh dengan air panas . Lalu di saring dan diminum dua kali sehari .
  Jika suka , bisa dicampur kencur dan madu secukupnya . Sedangkan bagi yang bermasslah dengan ginjal sebaiknya menghindari ramuan tersebut .
  Lain halnya jika digunakan sebagai peluruh kolestrol . Caranya , menggunakan beberapa lembar daun jati belanda kering .
   Seduh dengan air panas secukupnya , seperti membuat teh . Setelah itu disaring sebelum diminum  . Agar tidak hambar dapat ditambah satu sendok madu atau gula .
  Untuk memperoleh tanaman ini dapat membeli kesejumlah pedagang tanaman hias maupun obat . Selain itu penggemar tanaman obat sudah ada yang piawai memperbanyak .
  Misalnya , dengan setek batang mazupun ncangkok . Beberapa penggemar tanaman sering mengoleksi de4ngan ditanam di pot......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar